11 March 2017

Merayakan Imlek di GourmetBar - Novotel





Pada Hari Raya Tahun Baru Cina atau Imlek di tahun ini, saya menghabiskan waktu untuk merayakannya di GourmetBar, sebuah konsep bar dan restauran terbaru dari jaringan Hotel Novotel di seluruh dunia. Di Jakarta sendiri, yang kali pertama menerapkan konsep ini adalah Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square.
Acara Perayaan Hari Raya Imlek di GourmetBar ini juga digabung dengan pembukaan GourmetBar untuk umum setelah melalui masa renovasi dan perubahan dari konsep lama ke konsep yang baru.












Pada waktu saya akan memasuki GourmetBar yang ada di Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square ini, saya harus melewati sebuah kolam renang yang besar terlebih dahulu. Begitu saya benar-benar masuk ke GourmetBar, terasa sekali nuansanya yang santai dan sederhana. Sepertinya GourmetBar ini sangatlah cocok didatangi untuk bersantai sambil makan-makan dan minum-minum. 😁




Di dalam GourmetBar, saya melihat para rombongan tamu yang telah diundang oleh pihak hotel. Sambil menunggu acara dimulai, saya mencicipi beberapa minuman andalan mereka, salah satunya Jus Buah Naga dan Jus Buah Naga yang telah dicampur dengan Youghurt. Rasa dari dua minuman ini sangatlah segar! 👍






Ketika acara dimulai, masuklah dua Barongsai berwarna Merah dan Kuning yang menari-nari dan melompat-lompat dengan lincahnya. Tarian Naga ini adalah tarian tradisional dari kebudayaan Cina yang memang selalu muncul untuk memeriahkan Hari Raya Tahun Baru Cina atau Imlek. Tarian Naga ini dilakukan oleh sekelompok orang yang berada di bawah kostum Naga yang sangat besar dan panjang. Sekelompok orang ini memang sudah terlatih untuk melakukan tarian ini. Koordinasi dari para penarinya sangatlah penting. Karena kalau salah satu penarinya melakukan kesalahan, maka tariannya akan menjadi kacau balau.
Tarian Naga ini juga merupakan simbol harapan tentang keberuntungan, kesuksesan, kekuasaan, kehormatan, kesuburan, dan kebijaksanaan yang ingin diraih di masa-masa yang akan datang keesokan harinya dan di sepanjang tahun yang akan dilalui.
Tarian Naga yang dilakukan oleh sekelompok orang ini menirukan gerak-gerik Naga yang menakutkan, kuat, tegas dan perkasa dalam karakternya, namun gesit dan gemulai dalam gerakannya. Kegesitan dan kegemulaian sang Naga digambarkan seperti air sungai yang mengalir dengan derasnya. Pokoknya keren banget deh tariannya! 👏








Acara dilanjutkan dengan menyantap Yusheng, sebuah santapan khas di Hari Raya Imlek ini. Santapan Yusheng ini melambangkan kelimpahan, kemakmuran dan kekuatan.
Di dalam hidangan Yusheng yang ada di depan saya ini, ada ikan Salmon mentah, berbagai macam sayuran robek yang biasanya terbuat dari 7 macam sayuran dan berbagai saus dan bumbu, seperti: lobak, jahe, bawang, kacang, lada, minyak, garam, cuka, gula dan lain-lain.
Sebelum menyantap Yusheng, hidangan ini akan dicampur dan diaduk dengan berbagai bumbu masak dengan diiringi oleh kalimat-kalimat harapan dan doa atas hal-hal yang ingin dicapai di tahun yang akan dilalui yaitu: kemakmuran, kebahagiaan, kesuburan, dan lain-lain.
Yushengnya terasa segar dan alami. Rasanya hampir mirip dengan perpaduan antara Salad dan Rujak. Pokoknya enak deh!
Yusheng yang ada di GourmetBar ini diletakkan di sebuah piring besar dan bisa dimakan oleh lebih dari 15 orang. Wow! Langsung kenyang nih! 😛






Setelah acara memakan Yusheng selesai, para tamu diajak untuk menikmati hidangan andalan dari GourmetBar ini. Di tempat ini, para tamu dapat menikmati berbagai hidangan dari Timur dan Barat, terutama masakan dari Peranakan, seperti Kwe Tiauw Siram and Nasi dan Mie Kari Penang. Bagi yang senang masakan dari Barat, GourmetBar menyediakan berbagai masakan dari daging, keju, roti, dan lain-lain.






Beberapa makanan andalan yang ada di GourmetBar ini adalah: Nachos, Novo Beef Burger, Gourmet Sandwich, Nasi Goreng Iga, Sate Lilit, Penang Curry Rice Noodle, Shrimp Toast.










Bagi yang senang dengan rasa yang manis-manis, GourmetBar punya berbagai jus buah yang menyegarkan dan berbagai camilan dan kue yang enak.






Selamat menikmati waktu santainya ya! 😍



GOURMETBAR AT NOVOTEL
Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square
Jl. Gunung Sahari Raya No.1 
West Pademangan, Pademangan 
North Jakarta 14420
Indonesia
Tel: +62 21 62312800


No comments:

Post a Comment