31 July 2013

Kelas Yoga Online Pertama di Indonesia




Pada suatu hari, saya ditawari sebuah perusahaan periklanan digital di Jakarta untuk mengisi topik kesehatan di bulan puasa. Yang mau mereka angkat adalah Yoga. Tentu saja saya sangat tidak keberatan. Buat saya, ini adalah pengalaman baru yang sangat menarik. 




Saya sudah terbiasa mengajar Yoga untuk publik di kelas di sebuah studio dan di tempat para klien saya bila sang klien menginginkan latihan Yoga sendiri secara tertutup. Tentu saja karena ini adalah pekerjaan utama saya selama kira-kira setahun lebih ini. Tapi kalau kelas Yoganya di siarkan langsung dan dibahas langsung di Twitter dan Facebook pada saat itu juga, nah itu luar biasa dong! Dan ternyata, menurut mereka, ini adalah kelas Yoga online pertama di Indonesia! Wah! Keren sekali! 




Kelas Yoga online ini pun dilengkapi dengan kedatangan seorang bintang tamu, yaitu Tya Subiakto, seorang penata musik terkenal di Indonesia, yang ternyata suka berlatih Yoga juga di rumahnya bersama Ibunya sebanyak paling sedikit seminggu sekali. Dan dari cerita yang saya dengar, salah satu rahasia Tya untuk bisa menurunkan berat badannya, selain diet, adalah dengan berlatih Yoga. Wah keren! Saya yang berprofesi sebagai guru Yoga pun jadi makin semangat nih! 




Pada saat pertama kali bertemu dengan Tya, saya bisa merasakan aura positif yang cantik darinya. Setuju atau tidak, biasanya orang- orang yang sudah rajin berlatih Yoga akan memancarkan enerji positif ke sekelilingnya. Dan itu yang saya rasakan dari Tya.




Kelas Yoga online yang diadakan di Etoile Dance Center di Serpong ini, selain dihadiri oleh Tya Subiakto, juga dihadiri oleh para murid saya di EDC yang setia mengikuti kelas Yoga saya di EDC. Selain itu, beberapa staff dari perusahaan periklanan digital tersebut juga ikut serta mencoba latihan Yoga kali ini. Dari formasi pesertanya, ada percampuran antara peserta yang sudah biasa berlatih Yoga dan ada yang benar-benar baru mencoba latihan Yoga. Buat saya, hal ini bukan masalah, karena kelas Yoga saya terbuka untuk siapa saja, baik pemula maupun yang sudah mahir dan sering berlatih Yoga, baik perempuan maupun laki-laki, baik yang masih muda maupun yang sudah tua, baik yang masih sehat maupun yang sedang menderita sakit. Pokoknya, semua orang bisa berlatih Yoga bersama saya, karena Yoga itu adalah latihan untuk semua orang tanpa terkecuali. 




Nah, bagaimanakah jalannya kelas Yoga online ini? Silahkan baca di: Soyjoy Lounge: Kelas Yoga Online Pertama di Indonesia




Dan di bawah ini adalah isi dari link yang saya cantumkan diatas. Selamat membaca! 

---------------------------

KELAS YOGA ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Menjadi tantangan tersendiri bagi SOYJOY untuk mengadakan #SOYChat bersama pelatih yoga saat bulan puasa seperti sekarang. Menurut orang awam, yoga adalah olahraga yang ringan dan tidak terlalu menyita banyak energi. Jujur saja, mimin juga mengira seperti itu :D, tapi ternyata itu salah. Namun, jelas tidak ada penyesalan, yang ada malah ketagihan untuk latihan yoga sekarang. 

Yuk simak liputan #SOYChat kali ini saat latihan yoga bareng pelatih yoga Astrid Amalia.

Mengambil tempat di Etoile Dance Center, kelas yoga dimulai pada pukul 13:00WIB. Setiap kali memulai yoga, sebaiknya diawali dengan meditasi terlebih dahulu. Diiringi ilustrasi musik yang menenangkan, kita mengembalikan jiwa dan diri kita sendiri ke titik yang paling tenang. Baru mulai aja, mimin udah ngerasa tenang banget, efektif bagi kita yang sangat sibuk setiap harinya.

Diawali dengan pose-pose ringan seperti “Child Pose,” pose duduk sambil merebahkan tubuh ke depan sejajar dengan lantai. Pose ini dilakukan sebagai persiapan diri untuk memasuki sesi stretching. Sesi ini pun dibagi dalam setiap rotasi sendi. Child Pose, juga merupakan basic pose, karena dilakukan di setiap rehat sebagai relaksasi tubuh sejenak.

Latihan dilanjutkan dengan beberapa pose seperti Salabhasana, Three Legs Dog, Adho Mukha Svanasana, Apanasana, Rocking Sukhasana, dan masih banyak lainnya. Nama posenya unik-unik ya? Yah begitulah bahasa Sansekerta. Ada fakta menarik dari pose Apanasana, yaitu pose memeluk tubuh sendiri dalam posisi telentang dan kaki ditekuk. Menurut Mbak Astrid (pelatih yoga), tubuh kita perlu dipeluk sebanyak 1.000 kali setiap harinya. Jadi gak perlu sedih ya, kalo SOYJOY lovers gak punya orang yang bisa diajak berpelukan, bisa meluk diri sendiri juga kok :D

Akhirnya, sesi latihan tiba pada puncaknya. Mbak Astrid menunjukkan pose final untuk latihan kali ini, namanya Bakhasana. Pose ini kurang lebih seperti mengangkat tubuh dalam posisi jongkok yang bertumpu pada kedua lengan kita. Pose ini termasuk ke dalam level advanced, gak sembarangan orang yang bisa lho. Pose Bakhasana berfungsi menguatkan tiga otot sekaligus, yaitu otot perut, bahu, dan selangkangan. Idealnya, pose ini dilakukan dalam waktu 5-10 kali hela nafas. Mimin sempet coba-coba, tapi gak bisa-bisa juga, ya udahlah ya :’(

Yoga Untuk Patah Hati

Oia, yoga juga bisa mengobati kamu yang sedang patah hati lho. Bagaimana caranya? Selain untuk kesehatan fisik, yoga juga bisa menyembuhkan dari sisi psikis. Banyak gerakan-gerakan dalam yoga yang mengeksplorasi bagian dada sehingga memiliki efek keterbukaan diri dan melepaskan masalah. 

Nah, sesi latihan yoga udah selesai. Sekarang giliran SOYJOY lovers yang mau bertanya via social media dengan hashtag langganan yaitu #SOYChat.
Rupanya, puluhan pertanyaan udah masukke linimasa @soyjoyID. Topik yang paling banyak ditanyakan adalah, bagaimana hubungannya yoga bisa mengobati ke-patah hatian seseorang, hehe. Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, banyak gerakan yoga yang memberikan efek relaksasi dan ketenangan hati. Yoga bisa meredakan emosi amarah maupun emosi sedih (patah hati).

Puluhan pertanyaan yang sudah masuk dari SOYJOY Lovers, kami rangkum di antaranya sebagai berikut:
- Apakah yoga juga bisa mengecilkan perut? Bisa sekali, beberapa gerakannya adalah Upword facing dog, plank, bridge post dan lain lain.
- Apakah yoga bisa untuk semua umur? Yoga itu adalah latihan untuk semua umur, semua jenis kelamin dan segala jenis kondisi kesehatan.
- Yoga baikkah untuk jantung? Sangat baik untuk jantung, karena aliran darah terpompa dengan baik ke jantung.
- Adakah yoga untuk diabetes? Bedakah yoga diabetes dengan yoga yang lain? Yoga dapat dikondisikan khusus untuk suatu penyakit, jadi Yoga untuk diabetes akan berbeda dengan yoga untuk umum.
- Biasanya untuk yoga yang baiknya jam berapa ya? Pagi sekali atau malam sebelum makan malam
- Apa manfaat Yoga untuk ibu hamil? Di kehamilan usia berapa yang tepat melakukan Yoga? Kehamilan setelah usia 3 bulan, gunanya untuk membuka panggul, merilekskan tulang punggung dan pikiran. 
- Apakah ada yoga untuk anak-anak dan apakah yoga bisa diterapkan sebagai terapi untuk anak berkebutuhan khusus? Bisa sekali, memang ada latihan yoga yang dikhususkan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.
- Ada gak kriteria tertentu yang memang tidak disarankan untuk Yoga? Kelihatan tidak ada, karena yoga bila dilakukan dengan tepat akan aman untuk semua orang.

Nah, kalau masih penasaran ingin tau pertanyaan apa aja yang udah masuk kemarin. Langsung aja search di twitter dengan hashtag #SOYChat. Hmm jadi pengen latihan yoga lagi. 

Sebagai penutup, Mbak Astrid memberikan tips buat kamu yang baru memulai latihan yoga dan ingin mendapatkan pelatih yoga yang baik. Intinya, ikuti berbagai macam kelas yoga yang bisa ditemui di tempat-tempat fitness atau pusat kebugaran, pasti kamu akan menemukan guru yang cocok setelahnya. 

Namaste :)