09 December 2003

Minum Teh - 09 Dec 2003

Di rumahku itu dari dulu banget, setiap pagi dan sore, Mamaku tercinta selalu menghidangkan teh panas.

Untuk konsumsi keluarga sendiri, Mama ku itu hobi banget beli teh seduh yang tanpa sachet (yg istilah nya Mbak 'Sadistis' itu awur-awuran) dari merk teh Gopek. Bungkus dari teh ini simpel banget, daun teh nya di bungkus di dalam kertas yg di dibentuk seperti kotak. Teh ini banyak di jual kok di supermarket dan pasar terdekat. Mamaku selalu beli yg versi teh melati. Baunya teh ini khas banget, walau pun bungkusnya belum dibuka, baunya udah tercium lho...strong banget. Bahkan baunya akan meninggalkan 'jejak' nya di lemari tempat menyimpan teh. Kalo kita ngambil daun teh nya, kita bisa melihat bahwa ada campuran bunga melati kering di sana. Kalau sudah di seduh dengan air mendidih, wuuaahhhh....bau teh nya harum banget deh.

Untuk konsumsi tamu, Mamaku paling senang menyajikan Teh Tong Djie di dalam sachet. Memang nikmat teh yang satu ini. Mamaku bilang kalo teh ini sudah dari dulu di kenal orang. Tapi, entah kenapa, akhir-akhir ini, Mamaku kok doyan banget ya menyuguhkan teh Aroma dari Sariwangi. Teh ini memang bau nya sangat rempah-rempah karena ada kandungan kayu manis, dll.

Dahulu kala, waktu teh Pickwik belum ada di Indonesia, aku inget sekali kalo Mama ku ke Belanda pasti membawa pulang teh Pickwick berkotak-kotak. Kalo udah gitu, sore-sore sambil nonton TV, Mama ku akan menyeduh salah satu dari teh Pickwik tsb, terutama yg rasa lemon dan stoberi. Setelah diseduh dan kalo udah agak dingin, teh ini dikasi gula dan disuguhkan dengan es batu. Wuah...seger deh.
Anehnya, beberapa lama setelah itu, waktu aku bilang ke Mamaku kalo Pickwick udah masuk ke supermarket di Jakarta, ehh....kok dia jadi berhenti beli Pickwick ya, dan kembali lagi ke teh Gopek dan Tong Djie.

Udah pernah coba teh Prendjak? Teh ini bungkusnya kalo gak salah ada gambar burung nya. Teh ini enak banget, rasa dan baunya lain deh. Kalo gak salah, ada flavor bunga mawar nya. Teh yg satu ini juga ada kok di supermarket dan pasar terdekat.

Satu lagi, kalo mau coba minum teh yang 'nendang', coba deh waktu ngerebus air utk nyeduh teh, air tersebut di masukin daun pandan. Abis itu, air rebusan daun pandan tadi dipake utk nyeduh teh. Dijamin deh, bau dan rasanya teh akan lebih oke.

Selamat minum teh!!!

For any comment or question, please send email to: astrid-amalia@angelfire.com

No comments:

Post a Comment